Rabu, 06 Agustus 2014

8 Pola Makan Sehat Untuk Penderita Jantung Koroner

Untuk seseorang dengan penyakit jantung koroner, diet adalah masalah penting yang harus di patuhi. Seiring dengan kebiasaan sehat lainnya, pola makan sehat dapat memperlambat atau bahkan membalikkan sebagian penyempitan arteri jantung dan membantu mencegah komplikasi lebih lanjut.

Anda dapat membantu orang yang dicintai yang memiliki penyakit jantung koroner dengan mengadopsi diet yang mengurangi kolesterol jahat ( LDL ), menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, dan membantu dengan penurunan berat badan.

Sembilan strategi pola makan sehat untuk penderita jantung koroner ini akan membantu Anda merencanakan makanan untuk seseorang dengan penyakit jantung koroner:
  1. Sajikan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan sehat ini kaya serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk pemulihan kondisi penderita jantung koroner.
  2. Pilih lemak dengan bijak: yakni batasi lemak jenuh (ditemukan dalam produk hewani). Hindari lemak trans buatan sebanyak mungkin. Bila menggunakan lemak ditambahkan untuk memasak sebaiknya pilih minyak yang tinggi lemak tak jenuh tunggal (misalnya, zaitun dan minyak kacang) atau lemak tak jenuh ganda (seperti minyak kedelai, jagung, dan bunga matahari).
  3. Sajikan berbagai makanan kaya protein. Yakni makanan dengan daging tanpa lemak, ikan, dan sumber nabati protein.
  4. Batasi kolesterol yang dapat ditemukan dalam daging merah dan susu tinggi lemak, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.
  5. Sajikan karbohidrat yang tepat. Sertakan makanan seperti nasi merah, oatmeal, quinoa, dan ubi jalar untuk menambahkan serat dan membantu mengontrol kadar gula darah. Hindari makanan bergula.
  6. Makanlah secara teratur. Ini membantu seseorang untuk kontrol penyakit jantung koroner, gula darah, membakar lemak lebih efisien, dan mengatur kadar kolesterol.
  7. Kurangi garam. Terlalu banyak garam tidak baik untuk tekanan darah. Sebaliknya, gunakan herbal, rempah-rempah, atau bumbu untuk menambah cita rasa makanan.
  8. Minum lebih banyak air putih. Setidaknya sekitar 1 sampai 2 liter air putih setiap hari, kecuali dokter telah mengatakan kepada Anda untuk membatasi cairan.
Dengan mengikuti 8 pola makan sehat untuk penderita jantung koroner di atas diharapkan dapat membantu efektifitas pengobatan dokter ataupun obat herbal jantung koroner yang sedang Anda konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar